28+ Macam – Macam Warna Hijau dan Kode Warnanya

Warna hijau adalah warna yang terlihat saat cahaya dengan panjang gelombang tertentu dipantulkan atau diserap oleh objek atau benda. Warna hijau terletak di antara warna kuning dan biru dalam spektrum warna. Ini adalah salah satu warna primer dalam sistem pewarnaan Additive RGB (Red-Green-Blue) dan merupakan warna sekunder dalam sistem pewarnaan Subtraktif CMYK (Cyan-Magenta-Yellow-Black).

Warna hijau juga sering kali dikaitkan dengan alam, kehidupan, kesuburan, dan keharmonisan. Selain itu, warna hijau juga sering dikaitkan dengan tumbuhan, dedaunan, dan unsur-unsur alam lainnya yang memiliki pigmen hijau, seperti rumput dan pepohonan. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa warna hijau sendiri memiliki berbagai macam jenis warna. Bagi Anda yang penasaran dengan macam-macam jenis warna hijau. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Ringkasan

  • Hijau Lime adalah suatu variasi warna hijau yang memiliki nuansa cerah dan segar seperti warna dari buah lime (jeruk nipis). Kode warnanya yaitu #00FF00.
  • Warna hijau sage adalah warna yang terinspirasi oleh dedaunan sage. Warna ini cenderung netral, hangat, dan memiliki nuansa hijau abu-abu yang lembut. Kodenya yaitu #B2AC88.
  • Warna hijau artichoke adalah warna yang terinspirasi oleh artichoke (kembang kol). Warna ini cenderung berada pada spektrum hijau abu-abu atau hijau kecokelatan.
  • Warna hijau celadon adalah variasi warna hijau yang terinspirasi oleh keramik celadon kuno yang berasal dari Tiongkok. Warna ini cenderung memiliki nuansa hijau pucat, lembut, dan agak keabu-abuan.

Lihat Juga : Kode Warna Background Pas Foto

Makna Warna Hijau

Sumber Gambar : wall.alphacoders.com

Sebelum membahas tentang apa saja berbagai macam warna hijau, Anda juga harus tahu bahwa warna hijau juga memiliki berbagai makna simbolis tergantung pada konteks dan budaya. Beberapa makna umum yang sering dikaitkan dengan warna hijau antara lain meliputi:

1. Keseimbangan dan kedamaian

Hijau sering dikaitkan dengan keseimbangan dan kedamaian. Warna ini dapat memberikan perasaan harmoni dan ketenangan.

2. Kehidupan dan kesuburan

Warna hijau terkait erat dengan alam dan tumbuhan. Ini melambangkan kehidupan, pertumbuhan, dan kesuburan.

3. Keberuntungan

Dalam beberapa budaya, warna hijau dianggap sebagai warna keberuntungan dan melambangkan kemakmuran dan kesuksesan.

4. Lingkungan dan keberlanjutan

Hijau sering dikaitkan dengan gerakan lingkungan dan keberlanjutan. Warna ini melambangkan kesadaran akan pentingnya menjaga alam dan lingkungan.

5. Kesehatan dan kesegaran

Hijau juga melambangkan kesehatan dan kesegaran. Warna ini sering dikaitkan dengan makanan sehat, kebugaran, dan gaya hidup aktif.

Namun, penting untuk diingat bahwa makna dan simbolisme warna dapat bervariasi dalam budaya dan konteks yang berbeda.

Lihat Juga : Template Jas Wanita Pas Foto

Macam – Macam Warna Hijau dan Kode Warnanya

Dan bagi Anda yang belum tahu bahwa warna hijau memiliki berbagai jenis macam dan karakter tersendiri. Berikut merupakan macam-macam warna hijau beserta penjelasannya masing-masing yang dapat Anda simak yaitu:

1. Hijau Lime

Hijau Lime

Kode Warna : #00FF00

Hijau Lime adalah suatu variasi warna hijau yang memiliki nuansa cerah dan segar seperti warna dari buah lime (jeruk nipis). Warna ini biasanya terlihat terang dan mencolok. Dan memiliki kode dalam format heksadesimal yaitu #00FF00.

2. Hijau Terang

Hijau Terang

Kode Warna : #00FF7F

Warna Hijau Terang: Warna hijau terang memiliki kecerahan yang tinggi dan lebih mendekati warna hijau murni. Biasanya, warna ini terlihat cerah dan mencolok. Contoh kode warna hijau terang dalam format heksadesimal adalah #00FF7F.

3. Hijau Laut

Hijau Laut

Kode Warna : #20B2AA

Warna Hijau Laut: Warna hijau laut memiliki nuansa yang lebih tenang dan lebih dekat dengan warna biru hijau. Warna ini terinspirasi oleh warna air laut yang lebih dalam. Biasanya, warna hijau laut terlihat lebih kalem dan netral. Contoh kode warna hijau laut dalam format heksadesimal adalah #20B2AA.

4. Hijau Daun

Hijau Daun

Kode Warna : #008000

Warna hijau daun adalah warna yang terinspirasi oleh warna daun hijau yang umum ditemukan di alam. Warna ini sering digambarkan sebagai hijau yang sedikit gelap dan kaya. Warna hijau daun memiliki berbagai variasi, mulai dari hijau tua hingga hijau kehijauan yang lebih cerah. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #008000. Warna hijau daun ini sering digunakan dalam desain yang berhubungan dengan alam, taman, atau lingkungan alami.

5. Hijau Forest

Hijau Forest

Kode Warna : #228B22

Warna hijau forest adalah warna yang terinspirasi oleh warna hijau yang ditemukan di hutan atau daerah pepohonan. Warna ini sering digambarkan sebagai hijau yang dalam, gelap, dan kaya akan nuansa. Warna hijau forest mencerminkan dedaunan yang lebat dan cenderung lebih gelap daripada warna hijau daun. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #228B22. Warna hijau forest sering digunakan dalam desain yang berhubungan dengan alam, kehutanan, atau citra yang menenangkan dan alami.

6. Hijau Zamrud

Hijau Zamrud

Kode Warna : #00A86B

Warna hijau zamrud adalah warna yang terinspirasi oleh batu zamrud yang memiliki warna hijau yang kaya dan intens. Warna ini sering digambarkan sebagai hijau yang mewah, tajam, dan berkilau. Hijau zamrud cenderung memiliki nuansa biru kehijauan yang dalam. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #00A86B. Warna hijau zamrud sering digunakan dalam desain yang mencari tampilan yang elegan, seperti perhiasan atau desain interior yang mewah.

7. Hijau Rumput

Hijau Rumput

Kode Warna : #7CFC00

Warna hijau rumput adalah warna yang terinspirasi oleh warna rumput yang tumbuh di ladang atau halaman rumah. Warna ini cenderung terang dan segar, mirip dengan warna hijau yang sering terlihat pada rumput yang sehat dan subur. Warna hijau rumput dapat bervariasi, mulai dari hijau terang hingga hijau kehijauan yang lebih gelap. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #7CFC00. Warna hijau rumput sering digunakan dalam desain yang berhubungan dengan alam terbuka, kebun, dan pemandangan hijau yang menyegarkan.

8. Hijau Belerang

Hijau Belerang

Kode Warna : #ADFF2F

Warna hijau belerang adalah warna yang terinspirasi oleh nuansa hijau dari unsur belerang. Warna ini cenderung terang, cerah, dan intens. Hijau belerang memiliki kemiripan dengan warna hijau limau dengan sentuhan kuning. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #ADFF2F. Warna hijau belerang sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang mencolok, berani, dan enerjik.

9. Hijau Mint

Hijau Mint

Kode Warna : #98FF98

Warna hijau mint adalah warna yang terinspirasi oleh nuansa hijau segar dari daun mint. Warna ini cenderung terang dan lembut, dengan sentuhan kebiruan yang khas. Hijau mint memberikan kesan yang segar, menenangkan, dan ringan. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #98FF98. Warna hijau mint sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan suasana yang ceria, feminin, atau bersih. Warna ini juga populer dalam desain yang berhubungan dengan konsep minimalis dan modern.

10. Hijau Pucuk Pisang

Hijau Pucuk Pisang

Kode Warna : #DAF7A6

Warna hijau pucuk pisang adalah warna yang terinspirasi oleh warna hijau cerah yang sering terlihat pada pucuk pisang yang muda dan segar. Warna ini cenderung terang, ceria, dan segar dengan nuansa kuning kehijauan. Hijau pucuk pisang memberikan kesan yang menyegarkan, energik, dan cerah. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #DAF7A6.

Warna hijau pucuk pisang sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang hidup, alami, dan menyenangkan. Warna ini juga sering digunakan dalam desain yang berhubungan dengan konsep tropis atau eksotis.

Lihat Juga : Template Jas Pria Pas Foto

11. Hijau Teh

Hijau Teh

Kode Warna : #D0F0C0

Warna hijau teh mengacu pada warna yang terinspirasi oleh daun teh yang kering atau warna minuman teh yang diseduh. Warna ini cenderung memiliki nuansa hijau yang lebih kalem, netral, dan hangat. Hijau teh sering dikaitkan dengan kesan yang tenang, alami, dan hangat. Kode heksadesimal dari hijau teh yaitu #D0F0C0. Warna hijau teh juga sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan suasana yang santai, alami, atau elegan.

12. Hijau Sage

Hijau Sage

Kode Warna : #B2AC88

Warna hijau sage adalah warna yang terinspirasi oleh dedaunan sage atau sage hijau yang kering. Warna ini cenderung netral, hangat, dan memiliki nuansa hijau abu-abu yang lembut. Hijau sage sering digambarkan sebagai hijau yang lembut dan damai. Kodenya dalam format heksadesimal dapat bervariasi, tetapi contoh umumnya adalah #B2AC88.

Warna hijau sage sering digunakan dalam desain yang mencari tampilan yang tenang, alami, atau memiliki nuansa vintage yang lembut.

13. Hijau Artichoke

Hijau Artichoke

Kode Warna : #8F9779

Warna hijau artichoke mengacu pada warna yang terinspirasi oleh dedaunan atau artichoke (kembang kol). Warna ini cenderung berada pada spektrum hijau abu-abu atau hijau kecokelatan. Hijau artichoke memiliki nuansa yang lebih kalem, netral, dan terkadang sedikit redup. Namun, tidak ada kode heksadesimal yang secara khusus menggambarkan warna hijau artichoke.

Warna ini dapat bervariasi, tetapi beberapa contoh yang mendekati adalah #8F9779. Warna hijau artichoke sering digunakan dalam desain yang mencari tampilan yang alami, hangat, atau memiliki sentuhan vintage yang kalem.

14. Hijau Olive

Hijau Olive

Kode Warna : #808000

Warna hijau olive adalah warna yang terinspirasi oleh buah zaitun dan daun zaitun yang memiliki warna hijau keabuan atau kecokelatan. Warna ini sering dikaitkan dengan nuansa yang kalem, netral, dan hangat. Hijau olive memiliki nuansa hijau yang lebih redup dan sedikit abu-abu. Kodenya dalam format heksadesimal dapat bervariasi, tetapi contoh umumnya adalah #808000.

Warna hijau olive sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang alami, elegan, atau memiliki sentuhan vintage yang kalem. Warna ini juga sering digunakan dalam desain militer atau desain yang terkait dengan tema alam dan keberlanjutan.

15. Hijau Emerald

Hijau Emerald

Kode Warna : #50C878

Warna hijau emerald adalah warna yang terinspirasi oleh batu zamrud yang memiliki warna hijau yang kaya, intens, dan mewah. Warna ini cenderung memiliki nuansa hijau biru yang dalam dan menarik perhatian. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #50C878. Warna hijau emerald sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang elegan, mewah, dan berkelas.

16. Hijau Pastel 

Hijau Pastel

Kode Warna : #77DD77

Warna hijau pastel adalah variasi warna hijau yang lembut, pucat, dan terlihat lebih palem. Warna ini memiliki nuansa yang menenangkan, lembut, dan seringkali memberikan kesan yang feminin. Warna hijau pastel sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan suasana yang ringan, manis, dan romantis.

Kode warna hijau pastel dalam format heksadesimal dapat bervariasi, tetapi contoh umumnya adalah #77DD77.

17. Hijau Teal

Hijau Teal

Kode Warna : #006D5B

Warna hijau teal adalah warna yang terletak di antara hijau dan biru, dengan nuansa kebiruan yang mencolok. Hijau teal memiliki kombinasi yang menarik antara kecerahan dan ketenangan. Warna ini sering digambarkan sebagai hijau kebiruan yang segar dan menenangkan. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #006D5B.

Warna hijau teal sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang segar, modern, dan memikat.

18. Hijau Neon

Hijau Neon

Kode Warna : #39FF14

Warna hijau neon adalah warna hijau yang sangat terang, mencolok, dan berdaya tarik. Warna ini sering kali terinspirasi oleh lampu neon yang menghasilkan cahaya yang intens. Warna hijau neon memiliki kecerahan yang tinggi dan memberikan kesan yang energik serta mencolok. Kode warna hijau neon dalam format heksadesimal dapat bervariasi, tetapi contoh umumnya adalah #39FF14. Warna hijau neon sering digunakan dalam desain yang ingin menarik perhatian dengan tampilan yang berani, futuristik, atau bersemangat.

19. Hijau Celadon

Hijau Celadon

Kode Warna : #ACE1AF

Warna hijau celadon adalah variasi warna hijau yang terinspirasi oleh keramik celadon kuno yang berasal dari Tiongkok. Warna ini cenderung memiliki nuansa hijau pucat, lembut, dan agak keabu-abuan. Hijau celadon sering digambarkan sebagai warna hijau keabu-abuan yang tenang dan menenangkan. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #ACE1AF. Warna hijau celadon sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan suasana yang damai, alami, dan elegan.

20. Hijau Aquamarine

Hijau Aquamarine

Kode Warna : #7FFFD4

Warna hijau aquamarine adalah variasi warna hijau yang terinspirasi oleh warna batu aquamarine. Aquamarine adalah batu permata dengan warna biru kehijauan yang segar dan transparan. Warna hijau aquamarine memiliki nuansa hijau yang sejuk, cerah, dan segar dengan sentuhan biru. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #7FFFD4.

Warna hijau aquamarine sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang menenangkan, segar, dan berhubungan dengan elemen air. Warna ini juga sering digunakan dalam desain yang berhubungan dengan konsep pantai atau tropis.

Lihat Juga : 120 Shortcut Adobe Photoshop

21. Hijau Seafoam

Hijau Seafoam

Kode Warna : #98FF98

Warna hijau seafoam adalah variasi warna hijau yang terinspirasi oleh warna air laut yang jernih dan berwarna hijau kebiruan pucat. Warna ini sering digambarkan sebagai hijau kebiruan pucat yang menyerupai warna busa laut atau ombak yang terputus-putus. Warna hijau seafoam memberikan kesan yang segar, tenang, dan menenangkan.

Kodenya dalam format heksadesimal adalah #98FF98. Warna hijau seafoam sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang lembut, alami, dan terkait dengan elemen laut atau pantai.

22. Hijau Kelly

Hijau Kelly

Kode Warna : #4CBB17

Warna hijau Kelly adalah variasi warna hijau yang cerah dan intens, terinspirasi oleh warna hijau pada daun kelapa atau hijau pada rumput yang subur. Warna ini sering digambarkan sebagai hijau yang berani, hidup, dan mencolok. Warna hijau Kelly memiliki nuansa hijau yang jelas dan tegas. Kodenya dalam format heksadesimal adalah #4CBB17.

Warna hijau Kelly sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang ceria, energik, dan segar. Warna ini juga sering digunakan dalam desain yang berhubungan dengan olahraga, logo, atau desain yang ingin menonjolkan keaktifan dan vitalitas.

23. Hijau Hooker’s

Hijau Hookers

Kode Warna : #497968

Perlu dicatat bahwa “Hijau Hookers” adalah istilah yang terkait dengan sejarah pewarnaan pada abad ke-19, yang mengacu pada pewarna hijau yang diperoleh dari zat pewarna berbahaya yang disebut “Emerald Green” atau “Paris Green”. Zat pewarna ini mengandung arsenik dan memiliki efek berbahaya bagi kesehatan.

Namun, jika Anda mencari warna yang serupa dengan konsep “Hijau Hookers” tetapi dengan nuansa yang lebih aman dan modern, warna yang sering digunakan adalah “Hijau Moss” atau “Hijau Zaitun”. Kedua warna ini memiliki nuansa hijau keabu-abuan yang terinspirasi oleh warna alam, seperti lumut atau dedaunan zaitun.

24. Hijau Alpukat

Hijau Alpukat

Kode Warna : #568203

Warna hijau alpukat adalah variasi warna hijau yang terinspirasi oleh buah alpukat yang matang. Warna ini cenderung memiliki nuansa hijau kekuningan atau hijau kecokelatan yang kaya dan lembut. Warna hijau alpukat sering digambarkan sebagai hijau yang hangat dan alami. Kodenya dalam format heksadesimal dapat bervariasi, tetapi contoh umumnya adalah #568203. Warna hijau alpukat sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang alami, hangat, dan berhubungan dengan unsur alam.

25. Hijau Asparagus

Hijau Asparagus

Kode Warna : #87A96B

Warna hijau asparagus adalah variasi warna hijau yang terinspirasi oleh warna batang asparagus yang segar. Warna ini cenderung memiliki nuansa hijau keabu-abuan atau hijau kekuningan yang lembut. Warna hijau asparagus sering digambarkan sebagai hijau yang netral dan alami. Kodenya dalam format heksadesimal dapat bervariasi, tetapi contoh umumnya adalah #87A96B. Warna hijau asparagus sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang alami, segar, dan terkait dengan unsur alam atau makanan sehat.

26. Hijau Pear

Hijau Pear

Kode Warna : #D1E231

Warna hijau pear adalah variasi warna hijau yang terinspirasi oleh warna buah pir yang matang. Warna ini cenderung memiliki nuansa hijau kekuningan atau hijau keemasan yang cerah dan segar. Warna hijau pear sering digambarkan sebagai hijau yang lembut dan manis. Kodenya dalam format heksadesimal dapat bervariasi, tetapi contoh umumnya adalah #D1E231. Warna hijau pear sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang cerah, menyenangkan, dan terkait dengan unsur alam atau buah-buahan segar.

27. Hijau Army

Hijau Army

Kode Warna : #4B2530

Warna hijau army adalah variasi warna hijau yang terinspirasi oleh seragam militer atau warna yang sering digunakan dalam konteks militer. Warna ini cenderung memiliki nuansa hijau yang lebih gelap, kaya, dan redup. Hijau army sering digambarkan sebagai hijau yang netral, tegas, dan maskulin. Kodenya dalam format heksadesimal dapat bervariasi, tetapi contoh umumnya adalah #4B5320.

Warna hijau army sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang tangguh, kuat, dan terkait dengan militer atau elemen pahlawan.

28. Hijau Midnight

Hijau Midnigth

Kode Warna : #004953

Warna hijau midnight adalah variasi warna hijau yang terinspirasi oleh suasana malam tengah hari atau malam hari yang mendekati tengah malam. Warna ini cenderung memiliki nuansa hijau tua yang dalam, hampir mendekati hitam. Warna hijau midnight menggambarkan suasana yang misterius, gelap, dan dramatis.

Kodenya dalam format heksadesimal dapat bervariasi, tetapi contoh umumnya adalah #004953. Warna hijau midnight sering digunakan dalam desain yang ingin menciptakan tampilan yang elegan, misterius, dan terkait dengan suasana malam atau elemen yang dramatis.

Lihat Juga : 120 Shortcut Adobe Illustrator

Penutup

Setelah menyimak informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa warna hijau sendiri memiliki berbagai macam jenis. Contohnya seperti warna hijau Lime, hijau sage, hijau midnight, hijau Army dan lain-lain. Warna hijau tersebut juga memiliki kode warna dan makna masing-masing. Dan jika Anda tertarik ingin menggunakan warna hijau, maka Anda juga tidak perlu khawatir karena Anda dapat memilih berbagai macam jenis warna hijau sesuai dengan keinginan Anda.

Apa itu warna hijau tosca?

Hijau tosca adalah kombinasi antara warna hijau dan biru, yang menghasilkan warna menyerupai hijau air laut atau warna mineral tosca.

Apa itu warna jade?

Warna Ade adalah warna yang transpirasi oleh batu giok yang dikenal sebagai batu giok hijau. Warna Ade juga pada umumnya merupakan gabungan dari warna hijau dengan sentuhan biru atau aqua.

Warna hijau apa yang menjadi tren pada tahun 2023?

Hijau sage menjadi salah satu warna yang paling tren pada tahun 2023. Terbukti pada saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2023, warna hijau sage banyak dipilih masyarakat sebagai warna pakaiannya.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Sumber: dianisa.com