Kelaparan, Mahasiswa Comot dan Makan Pisang Karya Seni Bernilai Rp1,7 M

Pisang Karya Seni Bernilai Rp 1,7 M yang di makan Mahasiswa Kelaparan

Rabu, 3 Mei 2023 – 16:37 WIB

VIVA Trending – Karya seni ikonik seniman Italia Maurizio Cattelan, yaitu sebuah pisang matang yang ditempel di dinding dengan lakban di museum seni di Seoul, Korea Selatan, dimakan dengan sengaja oleh seorang mahasiswa.

Dilansir dari Straits Times, Rabu,3 Mei 2023,  Pisang sebagai karya seni tersebut merupakan bagian dari pameran tunggal Cattelan WE yang sedang berlangsung di Leeum Museum of Art hingga 16 Juli.

Pisang Karya Seni Bernilai Rp 1,7 M yang di makan Mahasiswa Kelaparan

Pisang Karya Seni Bernilai Rp 1,7 M yang di makan Mahasiswa Kelaparan

Dalam pameran yang menampilkan sekitar 38 karya dari tahun 1990-an tersebut, mahasiswa itu mengambil pisang, mengupasnya, dan memakannya. Lalu dia menempelkan kembali kulit pisangnya ke dinding dengan lakban yang ada.

Ketika staf museum bertanya kenapa dia memakannya, mahasiswa jurusan seni di Universitas Nasional Seoul itu menjawab bahwa dia lapar karena tidak sarapan.

Dalam wawancara via telepon dengan penyiar lokal Korea Selatam, mahasiswa itu mengaku bahwa menurutnya merusak karya seni modern juga bisa (diartikan semacam) karya seni. Menempelkan kembali kulit pisat, sebut dia, akan cukup menyenangkan untuk dilihat

Halaman Selanjutnya

Pisang yang menjadi karya seni itu diganti setiap dua hingga tiga hari sekali, sesuai dengan instruksi seniman yang diberikan sebelum pameran. Pihak museum sendiri memutuskan untuk tidak menuntut ganti rugi terhadap mahasiswa tersebut.

img_title

Sumber: www.viva.co.id