Mereka yang Menolak Israel Itu Keras Kepala

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang

Kamis, 15 Juni 2023 – 06:00 WIB

Jakarta – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat Panji Gumilang sarankan Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Menurutnya, jika tidak melakukan hal tersebut Indonesia akan selalu tertinggal.

“Mereka yang menolak Israel itu keras kepala tanpa menggunakan isi kepala. Sebab sangat lucu, di zaman seperti sekarang, ada negara besar tidak mengakui negara sebagai pusat perkembangan dunia,” ujar Panji gumilang dilansir dari YouTube Suara Tapian TV, Rabu, 14 Juni 2023.

Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang

Panji menjelaskan, pusat perkembangan dunia yang dimaksud adalah Israel. Menurutnya, negara tersaebut adalah central, sehingga untuk bisa bersaing dengan negara-negara maju, Indonesia perlu membangun hubungan diplomatik degan Israel.

“Yerusalem itu central, dari bacaan agama-agama yang ada, baik Yahudi, Nasrani, Islam, semua arahnya ke Yerusalem, jadi harus ditempuh (hubungan diplomatik). Itu (Israel) pusatnya, bukan Amerika, bukan Inggris tapi Yerusalem,” ucap Panji Gumilang

“Geger di Yerusalem, maka geger juga dunia,” sambungnya

Halaman Selanjutnya

Lebih lanjut, terkait hal itu, Panji Gumilang mengaku sedih, pasalnya sampai saat ini Indonesia masih belum membuka hubungan diplomatik dengan Israel hanya karena menganggap negara tersebut sebagai negara penjajah.

img_title

Sumber: www.viva.co.id